Investasi adalah salah satu cara yang dapat dilakukan agar pendapatan yang Anda miliki dapat berkembang melalui jangka waktu tertentu. Konsep dari investasi yang menguntungkan ini membuat masyarakat kian berlomba-lomba dalam melakukan investasi tentunya.

Ada berbagai jenis investasi yang berkembang pesat di dunia pada saat ini. Jenis investasi tersebut meliputi investasi saham, investasi properti, investasi emas, dan investasi reksadana. Dari masing-masing jenis investasi tersebut tentu memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Tergantung pada kebutuhan dan pilihan Anda tentunya.

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas mengenai tips melakukan investasi saham yang harus Anda ketahui.

Tips Melakukan Investasi Saham Yang Harus Anda Ketahui

Investasi saham adalah salah satu jenis dari investasi yang digemari oleh para investor dan masyarakat. Hal ini terlihat dari tingginya animo masyarakat untuk melakukan investasi saham.

Di Indonesia sendiri, pihak yang banyak berperan terkait investasi saham adalah pihak Bursa Efek Indonesia. Anda dapat menggali informasi terkait pasar saham di Indonesia melalui Bursa Efek Indonesia tersebut.

Melakukan investasi saham tentu merupakan salah satu hal yang nantinya akan menguntungkan bagi Anda. Akan tetapi terdapat risiko yang tidak kecil di dalamnya oleh karenanya Anda harus mengetahui tips dan cara investasi saham.

Berikut adalah uraiannya :

  • Menggali informasi seluas-luasnya mengenai saham yang akan dibeli

Salah satu tips yang dapat Anda lakukan sebelum melakukan investasi saham adalah dengan menggali informasi yang selengkap-lengkapnya mengenai saham yang akan dibeli. Informasi tersebut tentu bertujuan untuk Anda mengetahui kondisi terkini dari saham yang akan dibeli dan dapat melakukan proyeksi ke depannya bagaimana stabilitas saham tersebut. Apabila informasi yang Anda dapatkan terkait saham tersebut baik maka Anda dapat dengan segera melakukan investasi saham tersebut.

  • Melakukan konsultasi dengan berbagai pihak yang ahli terkait investasi saham

Selain menggali informasi yang sedalam dalamnya dari saham yang akan Anda beli, Anda juga perlu melakukan konsultasi dengan berbagai pihak yang memiliki keahlian di bidang investasi saham. Konsultasikan saham apa yang akan Anda beli berikut dengan informasi yang Anda dapatkan sebelumnya. Dengan melakukan konsultasi maka Anda akan mendapatkan saran dan persepsi dari para ahli terkait investasi saham. Harapannya hal tersebut akan memperbesar peluang keberhasilan investasi saham Anda.

  • Memastikan perusahaan yang akan dibeli sahamnya telah terdaftar dan diawasi oleh OJK

Selanjutnya tips yang dapat Anda lakukan pada saat akan melakukan investasi saham adalah dengan memastikan perusahaan yang akan dibeli sahamnya telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan Indonesia. Hal tersebut dilakukan semata-mata untuk menjamin keamanan Anda dalam melakukan investasi saham. Apalagi bagi Anda yang merupakan pemula dalam hal investasi saham maka langkah ini sangat harus diperhatikan dan dilakukan.

  • Mulailah melakukan investasi saham dalam jumlah yang kecil

Apabila Anda merupakan pemula dalam hal investasi saham maka sangat disarankan untuk memulai investasi saham dengan jumlah yang kecil. Hal tersebut dilakukan semata-mata untuk mencegah kerugian dalam jumlah yang besar apabila investasi yang Anda lakukan mengalami kegagalan. Nominal terkecil dari investasi saham adalah senilai 5 juta rupiah. Anda dapat memulai investasi saham dalam nominal 5 juta rupiah untuk memperkecil risiko kerugian.

  • Ketahui likuiditas saham dari perusahaan yang akan Anda investasikan

Kemudian tips yang tidak kalah penting untuk dilakukan adalah dengan mengetahui ataupun mengecek likuiditas dari saham perusahaan yang akan Anda beli. Pastikan saham tersebut aman nilainya sehingga dapat Anda beli karena nilainya akan naik di tahun-tahun berikutnya. Namun apabila nilai saham yang akan Anda beli masih belum stabil hendaknya Anda menghindari pembelian saham tersebut.

Hal Yang Harus Dilakukan Setelah Memulai Investasi Saham

Setelah membaca uraian di atas mengenai tips yang dapat Anda lakukan sebelum memulai investasi saham, Anda tentu dapat langsung menerapkannya bukan? Ya, tips tersebut diharapkan dapat membantu Anda sebelum mulai melakukan investasi. Adapun terdapat beberapa hal yang harus Anda lakukan setelah memulai investasi saham. Berikut adalah uraiannya :

  • Melakukan monitoring terhadap nilai saham pada bursa efek Indonesia

Setelah melakukan investasi saham maka langkah yang selanjutnya dapat Anda lakukan adalah dengan melakukan monitoring terhadap nilai saham pada bursa efek Indonesia. Hal tersebut sangatlah penting agar Anda mampu mengambil tindakan apabila nilai saham sedang berada pada posisi naik ataupun turun.

  • Memantau laporan dari perusahaan terkait nilai saham dan nilai jual saham

Selain melakukan monitoring terhadap nilai saham pada bursa efek, Anda juga harus memantau secara berkala laporan yang diberikan perusahaan terkait nilai saham dan nilai jual saham yang terbaru. Hal tersebut dapat membantu Anda untuk mengambil tindakan baik untuk melanjutkan investasi ataupun menarik investasi dari perusahaan tersebut.

Demikianlah beberapa tips yang dapat dilakukan sebelum dan setelah investasi saham. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Share