Usia 20 an adalah masa-masa dewasa awal yang tentunya masih banyak yang belum mengetahui cara yang dapat dilakukan untuk mengatur manajemen keuangan. Padahal apabila Anda dapat mengatur manajemen keuangan dari mulai usia 20 an maka Anda dapat mulai menabung dan berinvestasi sejak dini. Godaan untuk menghabiskan waktu bersama teman-teman di cafe tentu merupakan salah satu godaan terberat yang harus Anda lalui pada masa ini. Jika tak memiliki manajemen yang baik maka hal tersebut dapat membuat Anda kehabisan uang bahkan sebelum satu bulan itu berakhir. Oleh karenanya sangat penting bagi Anda untuk mengetahui lima tips manajemen keuangan di usia 20 an.

Ketahui 5 Tips Manajemen Keuangan Di Usia 20-An Berikut Ini

Manajemen keuangan merupakan cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatur dan mengelola keuangan yang Anda miliki. Pasalnya apabila Anda tidak menerapkan manajemen keuangan yang baik maka sedikit atau banyaknya uang yang masuk tidak akan dapat dikelola dengan benar dan selalu habis percuma. Apalagi di usia 20 an dimana kebutuhan, gaya hidup, dan hiburan yang diinginkan sedang berada pada puncaknya. Mungkin bagi Anda yang sudah bekerja hal tersebut tidaklah menjadi masalah yang cukup besar akan tetapi bagi Anda yang belum memiliki pekerjaan atau masih kuliah manajemen keuangan sangat perlu dilakukan. Berikut adalah uraiannya :

  • Memilah kebutuhan dan keinginan

Salah satu tips manajemen keuangan bagi Anda yang masih berusia sekitar 20 taun adalah dengan memilah mana yang termasuk kebutuhan dan mana yang termasuk keinginan. Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah menentukan skala prioritas. Skala prioritas tersebutlah yang akan dijadikan pedoman bagi Anda untuk melakukan pengeluaran setiap bulannya. Pastikan Anda tidak terlalu banyak mengeluarkan uang yang Anda miliki di luar skala prioritas tersebut. Alokasikan juga dana yang tidak terduga untuk Anda gunakan sewaktu-waktu apabila sedang dibutuhkan.

  • Melakukan pencatatan pengeluaran secara cermat

Selanjutnya tips manajemen keuangan yang dapat Anda lakukan adalah dengan mencatat semua pengeluaran Anda secara cermat dan rinci selama satu bulan. Dengan melakukan pencatatan tersebut maka Anda dapat mengetahui untuk apa saja uang Anda dikeluarkan dan untuk selanjutnya Anda dapat melakukan evaluasi terhadap pengeluaran tersebut. Mintalah bantuan dari orang terdekat Anda untuk selalu mengingatkan Anda untuk melakukan penghematan terkait pengeluaran. Hal itu semata-mata untuk mencegah Anda melakukan tindakan pemborosan yang nantinya akan merugikan Anda tentunya.

  • Menabung

Selanjutnya tips manajemen keuangan bagi Anda yaitu menabung. Dengan menyisihkan sebagian uang yang Anda miliki maka Anda telah berlatih untuk hidup hemat dan mempersiapkan masa depan Anda. dalam sebulan minimal sisihkan 10% dari uang yang Anda miliki. Hasil tabungan tersebut dapat Anda gunakan untuk keperluan yang mendesak, membeli barang yang Anda inginkan, ataupun untuk melakukan investasi pada nantinya. Biasakan setiap bulan Anda menabung agar hal baik tersebut dapat menjadi kebiasaan bagi Anda.

  • Melakukan investasi

Tips manajemen yang tidak kalah pentingnya untuk dilakukan adalah dengan melakukan investasi. Investasi yang dimaksud dapat berupa berbagai jenis mulai dari reksadana, emas, bahkan properti. Anda dapat melakukan investasi dengan skala yang kecil dan dengan jangka waktu yang lebih fleksibel. Apabila telah berhasil maka Anda dapat secara bertahap untuk menaikkan kemampuan investasi Anda. sebelumnya pastikan pihak yang akan Anda ajak kerja sama untuk melakukan investasi telah teruji kredibilitasnya. Hal tersebut semata-mata untuk menjamin Anda untuk melakukan kegiatan investasi.

  • Hindari melakukan pinjaman dan menunda pembayaran pinjaman

Tips terakhir yang dapat Anda lakukan untuk mengelola manajemen keuangan Anda di usia yang beranjak dewasa tersebut adalah menghindari melakukan pinjaman dan menghindari menunda pembayaran pinjaman. Pinjaman yang diberikan memang cenderung menggiurkan tetapi jangan lupa ada bunga pinjaman yang harus Anda bayar dikemudian harinya. Oleh karenanya apabila tidak terlalu penting hendaknya Anda harus menghindari pinjaman. Namun apabila Anda sudah memiliki pinjaman hendaknya dengan segara melakukan pembayaran agar tidak menjadi beban nantinya.

Hindari Hal Berikut Pada Saat Merencanakan Manajemen Keuangan

Setelah mengetahui uraian di atas mengenai tips yang dapat dilakukan untuk mengatur manajemen keuangan di usia 20 an maka Anda dapat secara langsung menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Tips tersebut dapat membantu Anda dalam mengatur pengeluaran dan tentunya tetap dapat produktif karena telah melakukan investasi dan menabung di setiap bulannya. Akan tetapi ada pula beberapa hal yang harus Anda hindari pada saat merencanakan manajemen keuangan di usia 20 tahunan. Berikut adalah uraiannya :

  • Hindari melakukan perencanaan untuk menghabiskan sebagian uang di awal bulan

Salah satu hal yang harus Anda hindari pada saat melakukan perencana keuangan di usia 20 an adalah menghindari melakukan perencanaan untuk menghabiskan sebagian uang di awal bulan. Hal tersebut dilakukan dikarenakan perencanaan keuangan hendaknya diatur sedemikian rupa agar uang dapat bertahan hingga akhir bulan. Selain itu, terkadang kita tidak dapat memungkiri adanya kebutuhan yang bersifat mendadak sehingga Anda harus selalu memegang uang hingga akhir bulan.

  • Hindari melakukan pembelian barang yang tidak perlu

Selanjutnya hal yang harus Anda hindari ketika sedang menyusun perencanaan keuangan adalah dengan cara menghindari melakukan pembelian barang yang tidak perlu. Pembelian barang yang tidak terlalu dibutuhkan akan memperbesar biaya pengeluaran Anda. Pilihlah barang yang Anda butuhkan saja. Sisa uang yang Anda miliki dapat Anda gunakan untuk menabung dan melakukan investasi agar tetap produktif nantinya.

Demikianlah lima tips yang dapat Anda lakukan untuk mengatur manajemen keuangan di usia 20-an serta hal-hal yang harus Anda hindari pada saat menyusun manajemen keuangan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Share