Bagi Anda yang termasuk generasi millennials tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah investasi bukan? Ya investasi adalah bentuk dari penanaman modal yang memiliki jangka waktu tertentu. Anda dapat nikmati hasilnya sesuai dengan kesepakatan yang telah dilakukan oleh pihak terkait selama proses investasi berlangsung. Ada berbagai macam jenis investasi yang dapat Anda pilih sesuai dengan minat dan kemampuan Anda dalam memilih jenis investasi. Nah, bagi Anda yang memiliki usia muda dan hendak melakukan investasi hendaknya memperhatikan beberapa tips berikut sebelum mulai berinvestasi.

Ketahui Tips Investasi Bagi Anak Muda Agar Tidak Salah Pilih

Investasi adalah salah satu cara yang dapat dilakukan agar Anda terbebas dari masalah finansial di kemudian harinya. Akan tetapi tidak semua orang mengetahui banyaknya manfaat yang akan diperoleh apabila Anda bergabung menjadi pengguna investasi. Kebanyakan masyarakat yang melakukan investasi berusia tiga puluhan tahun ke atas karena telah memiliki pekerjaan yang tetap dan memiliki tanggung jawab yang besar. Padahal investasi justru akan lebih menguntungkan apabila dilakukan pada usia yang relatif muda. Berikut ini adalah beberapa tips investasi bagi anak muda yang harus Anda ketahui :

  • Pilihlah jenis investasi yang memiliki risiko kerugian yang kecil

Tips pertama untuk melakukan investasi bagi Anda yang masih muda adalah dengan memilih jenis investasi yang memiliki risiko kerugian yang kecil. Hal tersebut tentu sangat penting untuk dilakukan mengingat usia Anda yang masih muda tentu masih takut untuk mengambil risiko yang besar apalagi baru permulaan. Pilihlah investasi yang meskipun nilainya kecil tetapi relatif aman untuk memulai investasi Anda.

  • Perhatikan jangka lama investasi

Tips selanjutnya yang dapat Anda lakukan untuk memulai investasi di usia yang muda adalah dengan memperhatikan jangka waktu investasi. Untuk pemula, pilihlah investasi mulai dari jangka pendek hingga menengah. Apabila sudah berhasil maka Anda dapat menambah lebih lama lagi jangka investasi yang dilakukan. Investasi emas kini sangat diminati oleh kalangan investor muda karena dinilai stabil dan memiliki jangka waktu yang lebih pendek dan fleksibel dibandingkan dengan jenis investasi lainnya seperti reksadana dan properti.

  • Perhatikan modal yang Anda miliki

Kemudian tips selanjutnya yang dapat Anda lakukan sebelum memulai investasi di usia yang muda adalah dengan menyesuaikan antara modal yang dimiliki dengan jenis investasi yang akan dilakukan. Mulailah mencari informasi mengenai jumlah dana yang dibutuhkan sebelum melakukan suatu investasi agar memiliki gambaran mengenai investasi yang akan dilakukan tentunya.

Hindari Hal Berikut Sebelum Memulai Investasi Di Usia Muda

Setelah membaca uraian di atas mengenai tips yang dapat Anda lakukan sebelum melakukan investasi di usia yang muda tentu sangat mudah untuk menerapkannya. Akan tetapi ada beberapa hal yang harus Anda hindari sebelum melakukan investasi di usia yang relatif muda. Berikut adalah uraiannya :

  • Tidak memiliki informasi yang lengkap terkait jenis investasi yang akan dilakukan

Salah satu hal yang harus Anda hindari sebelum melakukan investasi di usia yang relatif muda adalah kurangnya informasi terkait investasi yang akan dilakukan. Hal tersebut tentu sangat berbahaya apabila dilakukan, karena kurangnya informasi dapat membuat Anda salah dalam menentukan jenis investasi yang akan dijalankan.

  • Ikut-ikutan teman

Selanjutnya hal yang harus Anda hindari pada saat akan melakukan investasi pada usia yang muda adalah menghindari investasi yang dilakukan karena ikut-ikutan teman. Mengikuti teman untuk melakukan investasi tentu baik akan tetapi bila Anda hanya mengikutinya tanpa didasari rasa ingin melakukan investasi dan minat terhadap investasi tersebut tentu hasilnya tidak akan memuaskan.

  • Memilih investasi yang nilainya besar, jangka waktu panjang dan risiko besar

Meski pada dasarnya investasi adalah suatu upaya yang dilakukan untuk menjamin kehidupan yang lebih baik di kemudian hari, tetapi investasi harus memiliki banyak pertimbangan. Apalagi bagi Anda yang masih muda hendaknya menghindari investasi yang mengharuskan Anda mengeluarkan modal yang besar, terikat dalam waktu yang lama dan memiliki risiko yang besar. Hal tersebut dikarenakan Anda tidak akan berkembang dan menikmati hasil investasi dalam waktu yang segera ketika Anda memilih investasi jangka panjang.

Demikianlah beberapa tips yang dapat dilakukan sebelum memulai investasi pada usia muda. Serta ada pula beberapa hal yang harus Anda hindari sebelum memulai investasi. Semoga bermanfaat.

Share